by

Riwayat Singkat Sang Motivator DR. H. ANDI SYAHRIR KUBE DAUDA, SE,M.Si

banner 728x90

Sosok almarhum yang pernah menjadi Wakil Bupati Wajo terpilih periode 2014 – 2019 yang bernama lengkap  DR. H. ANDI SYAHRIR KUBE DAUDA, SE,M.Si yang biasa dipanggil “Andi Riri” tentu tak asing lagi dengan masyarakat Kabupaten Wajo. Selain kiprahnya selaku penanggung jawab PNPM Mandiri Se-Sulawesi Selatan yang pernah mengantar daerah ini menjadi terbaik pertama tingkat nasional dalam pelaksanaan PNPM Mandiri dan Lomba Desa Tingkat Nasional.

banner 400x130

Kedua orang tuanya juga memiliki nama besar yaitu Drs.H.Andi Kube Dauda,M.Si dan Andi Faridah Massuanna. H.Andi Kube Dauda merupakan seorang birokrat sejati yang malang melintang berkiprah di bidang pemerintahan . Mulai dari jabatan Sekwilda Tk.II (Sekarang Sekda Kabupaten) Barru , Sekwilda Tk.II Kabupaten Sidrap , Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Sulsel, hingga menjabat sebagai Bupati Polmas dan Bupati Bulukumba.

Jiwa dan karakter kepemimpinan sang bapak ternyata diwariskannya. Andi Syahrir Kube juga dikenal memiliki karakter yang sopan dan santun berbicara , bermasyarakat serta memiliki sikap rendah hati dan sederhana. Semasa kecilnya, Andi Syahrir sering berpindah-pindah sekolah lantaran mengikuti tempat tugas sang bapak. Diantaranya mengenyam pendidikan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Barru  kala bapaknya menjabat sebagai Sekretaris Wilayah Daerah Tk.II Barru, demikian pula halnya pernah tinggal dan mengenyam pendidikan SMA di Kabupaten Sidrap karena mengikuti orang tua sebelum akhirnya pindah ke Makassar.

H.A.Syahrir Kube Dauda merupakan anak ke-2 dari 8 bersaudara. Saudara perempuan tertuanya bernama Andi Firmawati Kube Dauda dilahirkan pada tahun 1961. Kemudian berturut-turut setelah Andi Syahrir Kube adalah seorang dokter gigi yang bernama Drg.Andi Emmiwati yang lahir pada tahun 1965. Selanjutnya Letkol .Inf. Andi Sirajuddin Kube Dauda yang memilih berkarir sebagai seorang militer dan merupakan alumni dari Akademi TNI di Magelang . Demikian pula hal berbeda ditunjukkan oleh adik – adiknya yang  lain.

Mereka memilih disiplin ilmu yang berbeda. Andi Fatimah misalnya, dia memilih menjadi seorang insinyur, demikian pula halnya Andi Sahrul dan Andi Indrawati. Sedangkan saudaranya yang lain yang bernama Drs.Andi Ismail telah lebih awal dipanggil oleh Yang Maha Kuasa.
H.Andi Syahrir Kube Dauda yang kala itu berstatus seorang Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Polmas mempersunting  Hajjah Andi Ukmah Kaliabo Anas,SH yang tak lain adalah anak dari Bapak Andi Kaliabo Anas , mantan pejabat tinggi Bank Negara Indonesia  ( Direktur Muda BNI.). Keduanya menikah  pada tanggal 19 Juli 1992 di Kota Surabaya.  

Andi Syahrir dan Andi Ukmah telah dikaruniai 4 (empat) orang anak. Uniknya, keempat orang anak pasangan bapak H.A.Syahrir dan ibu Hj.Andi Ukmah mengambil nama dari mantan pemimpin dunia. Seperti putra pertamanya Andi Muhammad Yeltsin yang lahir di Banjarmasin pada tanggal 26 Maret 1994 , saat ini sedang menempuh pendidikan penyetaraan di Jerman. Anak kedua bernama Andi Mahatir lahir di Makassar pada tanggal 14 Agustus 1995 dan sedang menempuh pendidikan di SMA Athirah Makassar. Demikian pula Andi Muhammad Habibi yang lahir pada tanggal 16 April 2002 masih duduk di bangku kelas 6 sekolah dasar Athirah Makassar . Sedangkan Andi Aenia Putri Arroyo lahir di Makassar pada tanggal 5 Juli 2005 dan saat ini masih duduk di kelas 3 SD Athirah Makassar.

Perjalanan karir dan jabatan yang pernah diamanahkan kepada Andi Syahrir Kube pun berjalan mulus dan cemerlang. Mulai dari staf biasa di Pemerintah Kabupaten Polmas. Pada tahun 1994 Andi Syahrir dipercayakan menjabat sebagai Kepala Seksi Bina Program pada Dinas Peternakan Kabupaten Polewali hingga tahun 1996. Kemudian pada tahun yang sama dipercayakan memangku jabatan sebagai Kepala Bidang Ekonomi Bappeda hinggi tahun 2000. Selanjutnya pada tahun 2004 hingga 2006 , Andi Syahrir Kube hijrah dan berkarir di Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dengan jabatan Kasubid Analisa Data dan Publikasi di Kantor BAPPEDA Provinsi Sulsel sebelum akhirnya menjabat sebagai Kasubid Pembiayaan Pembangunan pada unit kerja yang sama hingga tahun 2008.

Kemudian pada tahun 2008 mendapat promosi sebagai Kepala Bidang Ketahanan Masyarakat di BPMDK Provinsi Sulsel hingga tahun 2009. Salah satu prestasi yang diraih adalah mengantar Provnsi Sulawesi Selatan menjadi terbaik satu dalam Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional. Perjalanan karirnya pun tidak berhenti sampai disitu. Saat mendapat kepercayaan dari Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo untuk menangani PNPM Se-Sulawesi Selatan  pun, dirinya berhasil mengharumkan nama daerah dengan meraih predikat sebagai terbaik pertama dalam pengelolaan PNPM Mandiri Tingkat Nasional  saat menjabat sebagai Kepala Bidang Pemberdayaan SDM dan TTG pada kantor BPMDK Sulsel sejak 2009 hingga Pebruari 2014.

RIWAYAT PEKERJAAN :

Kepala Seksi  Bina Program Dinas Peternakan Kabupaten Polewali tahun 1994-1996

Kepala Bidang Ekonomi BAPPEDA Kabupaten Polewali Mamasa tahun 1996-2000

Kasubid Analisa Data dan Publikasi BAPPEDA Provinsi Sulsel tahun 2004-2006

Kasubid Pembiayaan Pembangunan BAPPEDA Provinsi Sul-Sel tahun 2006-2008

Kepala Bidang Ketahanan Masyarakat BPMDK Provinsi Sul-Sel tahun 2008-2009

Kepala Bidang Pemberdayaan SDM dan TTG BPMDK Provinsi Sul-Sel tahun 2009

Wakil Bupati Wajo Periode 2014 – 2019 (Hasri)

Comment